Ada Cairan di Pleura Kanan, Penyebab dan Pengobatannya?

Assalamualaikum Wr Wb.

Dok Hadi, saudara sy (laki2, usia 27th, BB: 41Kg dgn TB: 155cm, tdk merokok) sjk 1 bulan lalu mengeluhkan nyeri di perut kanan bagian bawah. sakitnya disertai demam tinggi, pinggang kanan pegal, batuk kering & sulit menelan serta sesak nafas. Setelah 3 hr brturut2 panasnya tdk turun, kami akhirnya ke dokter umum, katanya cm kecapean & perlu istirahat. setelah visit ke dokter pertama, tdk ada perubahan kondisi saudara sy. Suhu badannya naik turun. Hal ini berlangsung selama 2 minggu.

Tgl 27/5 kmrn, kami lalu ke dokter spesialis penyakit dalam. Oleh dokternya dilakukan pemeriksaan fisik & USG lalu rontgen thorax. hasilnya, gambar paru2 kanan bgn bawah tidak sama dgn sebelah kiri. Gmbr paru2 sebelah kiri nampak utuh dari atas hingga ke bawah. sedangkan paru2 sebelah kanan tidak. Pd bgn bwah paru2 kanan, terlihat berwarna putih (volume cairan mengisi krg lbh 1/4 bagian dari paru2 kanan). kata dokternya warna putih itu disebabkan oleh adanya cairan. Dokter lalu memberi resep obat AKILEN 400, S2dd1/2 tab pc dan NARFOZ 8 tab, S2dd1 tab (1/2jam ac).

Kami lalu menanyakan penyebab adanya cairan tsb. Apakah keracunan bisa menjadi salah satu faktor penyebabnya (sekedar informasi, suadara sy pernah mengalami keracunan chloroform saat dia sdg praktikum di lab kampus semasa kuliah. Sjk saat itu dlm kondisi apapun, dia sering mengalami batuk2 ringan). Dokternya bilang, bisa Ya.

Lalu untuk pengobatannya, kata dokternya, krn cairannya tdk terlalu byk, maka minum obat saja dulu. Cairan tidak perlu disedot melalui operasi. Mengingat letaknya berdekatan dgn liver, kuatir melukai liver nantinya.

Hingga saat ini, sakit di perut kanan saudara sy masih sering kambuh. Biasanya hal itu terjadi jika dia terlalu capek, banyak pikiran dan kondisi emosionalnya sedang naik.
Pertanyaan saya:

1. Apakah pleural effusion itu bisa dikatakan kanker paru?
2. Apa penyebab adanya cairan di pleura saudara sy, dok? Krn saudara sy ada riwayat pernah keracunan cairan CHCl3, berapa persentase kemungkinan keracunan itu bs menyebabkan terjadinya pleural effusion, dok?
3. Metode apa yg aman (menimbulkan efek samping yg kecil) dan tingkat kepositifannya besar, untuk digunakan dlm mendeteksi jenis cairandlm pleura tsb?
4. Apakah volume cairan di dlm pleura-nya ada kemungkinan utk bertambah banyak dan menyebar ke organ lain? Jika Ya, apa usaha yg bisa dilakukan utk mencegah hal itu trjadi?
5. Apakah indikasi dari obat yg diresepkan oleh dokter itu? Apakah mampu mengurangi cairan di dlm pleura saudara sy?
6. Bagaimana sebaiknya pengobatan dilakukan oleh saudara sy ini? Apakah saudara sy bisa sembuh tanpa operasi?

Demikian, mohon solusinya dokter….terima kasih

wassalam

This post was submitted by Inki.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Pertanyaannya panjang amat tetapi jawabannya sederhana saja mengingat sdrmu masih muda penyebab penyakit yang paling sering TB diselaput paru (pleura)atau sering disebut pleuritis jarang oleh kanker bila sudah timbul cairan (pleural effusion) harus segera dipunksi/disedot cairannya terutama untuk kepentingan diagnosis yang ke-2 agar tidak sesak yang ke-3 agar bisa sembuh sempurna maksudnya tanpa bekas tetapi itu harus dilakukan sebelum 2 minggu pada umumnya.

    Dari cairan pleura yang disedot bisa ditentukan lebih akurat TB atau sebab lain. Saya belum pernah dengar minum CHCl3 bisa kecuali kalau masuk keparu lain lagi gejalanya akut berat. Kalau tidak tepat pengobatannya cairan bisa bertambah dengan pengobatan yang tepat Insya Allah sembuh tanpa operasi. Sedot cairan ga perlu pake operasi sama dengan suntik biasa. Saran saya coba konsul ke dokter spesialis paru ditempat sdr anda.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru