Batuk 7 Hari

Dokter,
sy Datik(perempuan, 26 th,50 kg, tdk merokok, Sedang menyusui bayi 2,5 bulan)

Sejak kamis 12 Jan, sya batuk kemudian diikiti demam (37,5-39, naik turun) sampai hari minggu disertai pilek dan pusing dihari malam keduanya, lalu berobat baru ke dokter umum (krena hari minggu) lalu diberi AB, Mucohexin,tremenza,Imboost dan lupa satunya
Minggu siang-Selasa, demam reda,tapi batuk tak kunjung reda. Batuk terasa kering, dada-tenggorokan rasanya gatal, tertekan, kalo batuk sampai perut ikut tertekan.

Rabu malam ini, belum juga sembuh batuknya, bahkan tadi ada sedikit darah(mungkin hanya 1 tetes) ketika saya berkumur usai batuk berkali2.

#sebelumnya tidak pernah sampai batuk berhari-hari dalam satu tahun belakangan, tetapi semasa kecil punya riwayat paru-paru basah meski sudah sembuh)

Dokter ada saran? saya harus kemana dan bagaimana?

Maturnuwun,

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Dari riwayat dan gejala agaknya lebih pas untuk bronchitis akut atau radang tenggorok biasanya sembuh setelah 5 hari AB atau maximal 2 minggu setelah gejala awal, kalau tidak sembuh harus pemeriksaan lebih lanjut termasuk periksa dahak BTA dan foto Ro ditambah pemeriksaan darah, dipastikan TB atau bukan dan diobati sesuai dengan diagnosanya oleh dokter, kemungkinan tidak ada hubungan antara penyakit dulu dan sekarang.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru