Batuk dengan frekuensi teratur

Dok, saya mau tanya. Ibu saya dengan riwayat :
1. Umur 48 tahun
2. Berat 61 kg
3. Tidak merokok

Ibu saya mengalami gejala batuk sejak 5 bulan lalu dan belum sembuh hingga saat ini. Yang membuat saya heran, frekuensi batuknya seolah teratur. Dalam 24 jam, sekitar 2-3 jam pasti batuk. Dan waktu munculnya tidak tentu, terkadang pagi, siang, bahkan tengah malam.

Dari yang saya perhatikan :

1. Batuknya dimulai saat tenggorokan ibu saya terasa gatal dan terasa seperti ada lendir yang lengket di tenggorokan.

2. Kalau lendirnya sudah habis (kurang lebih 2-3 jam), batuknya langsung berhenti

3. Lendirnya berwarna putih bening dan lengket, dan membuat ibu saya sulit bernafas

Pengobatan yang sudah dilakukan :

1. Rontgen Paru-paru – Normal
2. Rontgen Sinusitis – Normal
3. Kultur test – Normal
4. Poli THT – Normal
5. Check Lab – Ada kecenderungan alergi, tapi belum dapat diketahui apa penyebabnya ( untuk hasil check lab, ada perbedaan pendapat antara dokter THT dan dokter spesialis paru. Dokter THT mengatakan ada alergi, sedangkann dokter spesialis paru mengatakan tidak ada)

Yang ingin saya tanyakan :

1. Apakah alergi dapat menyebabkan kondisi tenggorokan berlendir?

2. Apabila bukan karena alergi ( seperti yang dikatakan dokter spesialis paru), apakah yang menyebabkan tenggorokan berlendir seperti itu?

Kiranya dokter dapat menjawab pertanyaan saya di atas. Dan atas perhatiannya, kami sekeluarga mengucapkan terima kasih……

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Saya akui gejala seperti ibu anda cukup mengganggu dan belakangan lumayan sering terjadi terutama dikota besar sangat mungkin berhubungan erat dengan perubahan lingkungan termasuk "global warming" atau polusi lokal seperti al. renovasi rumah sendiri atau tetangga, bakar sampah.

    Perubahan gaya hidup atau diawali dengan infeksi virus seperti influenza sering memicu proses radang yang mengakibatkan saluran napas menjadi sensitif mudah terangsang oleh bahan bahan yang mengakibatkan produksi lendir meningkat ujungnya menimbulkan batuk. Keadaan ini disebut juga sebagai "hyperreactive bronchus" melihat karakter lendirnya kelihatannya bukan karena infeksi.

    Masih mungkin alergi, untuk memastikan alergi kadang kadang tidak mudah minimal diperiksa dulu: darah Eosinofil, IgE total, tes kulit atau tes yang lebih spesifik IgE RAST. Penyebab lain sakit "maag" akibat kelebihan produksi asam lambung naik ke tenggorokan.

    Coba di cek ada tidak pengaruh dari hal2 yang saya uraikan diatas atau ada kebiasaan baru yang menyebabkan ibu sering terpapar bahan2 seperti debu asap, bau2an, bahan kimia dll coba dihindarkan. Apakah ulu hati sering nyeri disertai mulut asam bila ada coba obati maagnya.

    Kalau THT (biasanya sinusitis) bersih mungkin perlu inhaler yang berkerja sebagai antiinflamasi, coba tanyakan lagi ke dokter spesialis parunya.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru