batuk kronik menahun

Dokter Hadi Yang Terhormat,

saya perempuan berumur 27 tahun dan bukan perokok.menderita batuk berdahak yang disertai sesak napas kambuhan selama beberapa tahun.
dulu saya sering mengendarai motor di malam hari maupun dalam kondisi hujan. awal sering mengalami batuk. tapi karena batuk biasa, jarang diobati sembuh sendiri. semakin lama batuk semakin parah dan kadang2 membuat sesak napas.
pada tahun 2009 saya periksakan ke dokter paru, dirontgen hasilnya saya didiagnosa bronkitis. kemudian diobati oleh dokter. namun sejak itu, jika saya kecapekan atau kurang tidur batuk dan sesak napas saya masih sering kambuh. kemudian pada tahun 2010 saya dirontgen lagi hasilnya paru2 baik.padahal saya masih sering kambuh batuk dan sesak dan seringnya saya berobat ke dokter umum lalu diberi antibiotik dan obat batuk. belakangan ini, sejak saya hamil sesak semakin parah dan sangat sering terjadi, bahkan dahak sering mengandung warna merah. yang ingin saya tanyakan :
1. apakah batuk saya memang adalah bronkitis yang dulu telah didiagnosa dokter?
2. apakah bronkitis tidak dapat disembuhkan total, tetapi memang adalah penyakit kambuhan ?
3. apakah bronkitis akan menghambat dan mengganggu pertumbuhan janin?
terima kasih banyak sebelumnya.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    1. Saya kira memang diagnosisnya bronkitis kronik yang dipicu oleh oleh kebiasaan anda yang sudah anda ceritakan, kalau ditambah sesak artinya makin parah apalagi ditambah dahak berdarah. Sebaiknya diperiksakan lebih teliti termasuk dahak untuk kuman TB atau kuman lain, darah, fungsi paru (spirometri) karena hamil tidak Ro ya.

    2. Harusnya dari awal2 sudah diobati sampai sembuh jadi tidak menjadi kronik yang artinya kambuh kambuhan, yang paling penting sebetulnya merubah cara hidup termasuk cara mengendarai motor, berobat segera sampai sembuh dan usaha menjaga stamina

    3. Biasanya tidak mengganggu.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru