Diagnosa Dokter Yang Membingungkan

Saya mau konsultasi dengan dokter mengenai penyakit ayah saya. Ayah saya saat ini berusia 57 thn, dia bukan perokok. saat ini beliau sudah dirumah kembali yg sebelumnya 8 hr dirawat di fatmawati. beliau merasa sesak nafas yg luar biasa. menurut dokter spesialis paru rs tsb dkatakan bahwa ayah saya menderita kanker stadium tinggi, sedangkan dr jantung rs yg sama mengatakan ada kebocoran di jantungnya.

Hasil rontgen di dada sebelah kiri itu warnanya putih, shg tidak terlihat tulang2 rusuknya. menurut dr paru bahwa itu cairan, namun pada saat diambil cairannya yg keluar hanya cairan merah (bukan darah) dan dr itu pun mengatakan bahwa itu adalah massa. saya tanya massa itu apa jawaban dia adalah kanker, pdhl menurut saya massa bisa saja itu lemak. sehingga saat ini ayah masih belum tau harus berobat ke dr jantung atau dr paru. mohon pencerahan prof dengan kondisi seperti yang saya sebutkan diatas, kira2 langkah apa yg harus saya lakukan?

lalu, saya juga mau tanya mengenai biaya, apakah mahal dok untuk pemeriksaan2 di RS ASRI? atau lebih baik saya periksakan di persahabatan saja? mengingat saya juga belum bisa bantu banyak biayanya. kemarin di RS fatmawati menggunakan kartu kredit karena sifatnya urgent dan ayah saya cuma seorang supir.

Terima Kasih

This post was submitted by Adityawarman.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Keadaan seperti itu bisa disebabkan oleh kelainan paru atau jantung mengingat hanya sebelah yang kena lebih kearah parunya walaupun gangguan jantung bisa saja bersamaan, datanya kurang lengkap.

    Kemungkinan besar ada sumbatan pada saluran napas diparu kiri antara lain akibat tumor, tuberculosis atau sebab lain. Jelas memerlukan pemeriksaan khusus seperti CT scan paru, bronchoscope atau pengambilan jaringan untuk memastikan penyakit. RS Persahabatan paling tepat untuk ini karena peralatannya yang lengkap dan bisa menggunakan kartu GAKIN atau JAMKESMAS.

    Kalau mau konsultasi dulu dengan saya di RS Asri boleh sebelum dirujuk ke RS Persahabatan saya sendiri pernah jadi kepala Bagian Paru di RS Persahabatan.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru