Efek TBC?

Selamat pagi prof, nama saya dhika, usia saya 25 tahun, saya tidak merokok dan saya bekerja diluar ruangan. Tanggal 22 agustus 2011 saat saya sedang bekerja tiba2 saya batuk mengeluarkan darah yang cukup banyak. Setelah dibawa ke ugd dan dirawat selama 1 minggu, ternyata ada flek diparu2 dan saya positif tbc. Setelah 4 hari dirawat saya mengalami batuk darah lagi namun jumlahnya sedikit. Dan saat ini saya sudah hampir satu bulan rawat jalan dirumah. Saya diberikan obat rimstar yang harus diminum 1 hari x 3 tablet dan hepamax yang diminum 1 x sehari, dan lexicol 1 x sehari. Yang ingin saya tanyakan:
1. Mengapa tidak ada tanda2 tbc sebelum saya batuk darah?
2. Saya membaca artikel dprof rimstar hrs diminum sblm mkn, lalu knp sya dianjurkan minum sesudah makan?
3. Saya sudah beristirahat 1 bulan dirumah dan makan2an bergizi bahkan saya minum susu kambing etawa serta telur ayam kampung, tapi kenapa hingga saat ini kondisi saya belum pulih prof? Untuk berjalan 200 meter saja dada saya suka sesak.
4. Setelah 2 minggu tidak batuk darah, tiba2 saya batuk darah lagi namun hanya sedikit, apakah ini normal?
Sebelum sakit berat badan saya 55kg, sekarang berat saya turun jadi 52.5kg
Mohon bantuannya prof karena saya sangat panik takut tidak bs bekerja. Terima kasih…

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    1. Gejala TB bisa saja seperti yang anda alami cukup sering,

    2. Sebaiknya sebelum makan pagi atau perut kosong karena salah satu obat yang ada dalam paduan obat Rimstar yang paling poten yaitu Rifampicin akan berkurang khasiatnya sampai 50% kalu diminum bersama makanan.

    3. Tergantung luas fleknya dan psikis anda satu bulan kan belum lama lama amat karena lama pengobatan sampai sembuh harus full 6 bulan, harus diakui responsi masing2 orang berbeda.

    4. Gejala itu masih normal, nanti juga berat akan naik

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru