Flek Kusam Pada Paru-Paru Kanan

Dok mau nanya, saya laki-laki berusia 26 Tahun dengan berat 55Kg dan Tinggi 157Cm dan saya tidak merokok ataupun obat-obatan lainnya. Saya pernah melakukan medical cek up, kemudian setelah mendapatkan hasilnya ada kesuraman di apex paru kanan. Pertanyaan saya adalah apakah flek kusam/suram di apex paru kanan menandakan saya tidak sehat atau bagaimana?kemudian bisa tidak flex di apex paru kanan saya dihilangkan?kalau bisa dengan cara apa dan bagaimana menghilangkannya, kemudian berapa lama. Terima kasih sebelumnya atas jawaban dari dokter.

This post was submitted by Aan.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Anda melakukan Medical Check Up artinya keadaan sehat bukan? Apakah dalam rangka check up massal atau perorangan. Ditemukan kesuraman di apex kanan, kesan saya ada 2 kemungkinan: kalau check up massal dan anda sehat saran saya foto ulang dengan foto rontgen standar dengan kualitas yang baik ada kemungkinan kesuraman hilang karena masalah teknis dan kualitas alat dan anda bebas dari penyakit, bila tetap ada artinya memang ada bercak di puncak paru kanan, inipun masih ada 2 kemungkinan 1. ada penyakit paru (TB) yang aktif atau 2) TB sudah tidak aktif dan ini yang lebih mungkin tidak perlu dipikirkan karena TB bisa terjadi dimasa lalu yang tidak terdeteksi karena sembuh dengan sendirinya oleh daya tahan tubuh anda sendiri. TB sendiri bisa tidak memberi gejala atau gejala ringan seperti flu sampai yang berat batuk darah dan sesak.

    Vlek yang sudah lama biasanya tidak akan hilang tetapi juga tidak jadi sakit hanya kadang2 kalau daya tahan tubuh sedang turun bisa aktif kembali. Saran saya coba konsultasi kedokter paru untuk memastikan apakah "kesuraman" tersebut jadi masalah kesehatan anda atau ternyata anda sehat2 saja

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru