Flek Paru Pada Bayi Umur 5 bulan

salam..
dok,,anak saya umur 5 bln,tiba tiba batuk berdahak, dan setelah emapt hari kemudian d rongten dan hasilnya terdapat flek pada paru-paru dan dinyatakan KP aktif..dokter saya langsung memberikan obat yang hrus diminum selama 6bln..
anak saya bahkan belum diberikan makanan tambahan,hanya asi saja,,tapi sudah harus minum obat,,bagaimana dok..saya minta sarannya..apakah harus tes dahak untuk memastikannya..
satu lagi apakah asma itu menular,,karena anak saya sering berinteraksi dengan neneknya yang mempunyai penyakit asma..terima kasih

This post was submitted by siti sopiah.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Saya kira kalau bayi 5 bln batuk berdahak baru 4 hari sudah diRontgen agak berlebihan lagi pula bayi umur sekian hanya mungkin kena TB kalau ada orang rumah yang menderita TB aktif (menular= dahak positip) itupun masih harus dikonfirmasi dengan tes Mantoux dll. Kebanyakan batuk pad bayi disebabkan oleh virus yang dapat sembuh dengan sendirinya cuma perlu obat simtomatis kalau tidak sembuh bawa kedokter spesialis anak.

    Saran saya tangguhkan dulu sampai mendapat klarifikasi dokter anak. Mengenai asma tidak pernah ditularkan karena bukan penyakit infeksi tetapi yang benar diturunkan secara genetik kalaupun bayi anda memang ada bakat asma belum akan kelihatan sekarang butuh waktu untuk manifes asmanya.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru