Garutan Bewarna Putih Pada Hasil Rontgen Thorax

Dear Prof.Hadi,
Saya perempuan berumur 31 tahun,berat badan 52 kg, tinggi 165cm,merokok 1 batang sehari(tadak rutin, seminggu 2-3 batang).
Saya bekerja di hotel di oman sudah 2 tahun, sebelum saya bekerja di sana saya harus melakukan medical check up (di klinik khusus yang ditunjuk(Gamca). Pada saat itu saya pass medical check up.
Sekarang saya di jakarta dan rencananya akan kembali ke UEA(abudhabi),saya harus melakukan medikal check up lagi,tetapi saat ini hasilnya failed, alasanya tedapat bekas luka yang sudah sembuh di paru-paru saya dilihat dari hasil rontgen thorax (dokter menyatakan ini bekas luka karena sakit bronkitis atau TBC yang sudah sembuh) tetapi sejak saya kecil saya tidak pernah sakit TBC atau bronkitis ataupun batuk yang sangat parah,mengeluarkan darah ataupun batuk yang melebihi 2 minggu. Bagai mana cara dokter ini menyimpulkan pernyataan itu? Lalu saya melakukan rontgen lagi di 2 radiologi rumah sakit sari asih cileduk dan lab pramita ( thorax paru ) dan hasilnya sempurna ,tak ada dan tak ditemukan kelainan.
Saya sangat tidak mengerti mengapa dokter di klinik amanah medika pura ini menganggap saya tidak layak untuk mendapatkan hasil medikal check up yang ok dan menyatakan kalau saya tidak akan mempunyai kesempatan untuk bekerja diluar negri.(Hasil lab yang lain dan pemeriksaan lainnya sempurna-tidak ditemukan kejanggalan).
Pertanyaan saya adalah : apakah alat foto x-ray bisa mempengaruhi hasil?
Apa yang dilihat dokter di klinik ini mengenai bekas luka berwarna putih di paru saya tetapi tidak dilihat 2 dokter lain ?
Petugas radiologi mengambil foto thorax saya sebanyak 2 kali,karena yang pertama dia bilang ada garis dari payudara saya, apakah itu benar? Lalu dia mengambil lagi dan membenarkan posisi payudara saya selama 2 kali ( apakah saya telah dibohongi dan dilecehkan )?
Apakah saya perlu ke dokter specialist paru – paru apabila hasil rontgen saya dinyatakan (cor:bentuk basar normal, pulmo: corak paru baik, infiltrat: tak tampak, sinus dan diafragma baik, tulang dan soft tissue baik, kesan : jantung dan paru baik ) ?
Terima kasih Prof. Hadi, saya mohon jawaban dari Prof.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Pertanyaan anda tentang apakah alat X-ray dapat mempengaruhi hasil jawabannya benar buktinya 2 dokter lain di tempat X-ray yang berbeda menyatakan clear apalagi kalau foto Ro nya digital jauh lebih tajam. Oleh karena masalah ini menyangkut masa depan dan sudah sering terjadi pada yang lain, sebaiknya anda minta klarifikasi dokter paru secara tertulis, kan ada sumpah Hippocrates yang sekarang jadi Sumpah Dokter.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru