Hasil Rontgen

pak dokter, ibu saya umur 51 tahun,berat 45 kg,
tidak merokok.
Begini,ibu saya batuk sudah beberapa bulan hingga suara berubah. Sudah pergi ke klinik beberapa kali. Akhirnya karna tidak sembuh jg, mencoba akupuntur dan bekam,meminum obat herbal pula. Katanya bermasalah pada lambung,paru-paru. tidak ada perubahan,mencoba kemudian ke puskesmas,cek tekanan darah normal,asam urat normal,gula darah normal. Lalu di ronsen dgn hasil :
Trachea ditengah
Mediastinum superior tak melebar
Tampak infiltrat di perihiler kiri
Jantung tak membesar dan bentuk normal
Sinus costofrenikus lancipt.
Kira2 apa maksudnya,ibu sya baikkah?
Terimakasih atas jawabannya dokter.

This post was submitted by isan.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Ada wilayah abu2 pada foto thorax yaitu daerah perihiler dan daerah sekitar jantung harus jelas karena sisitu tempat keluar masuknya pembuluh darah dan saluran napas (bronchus) yang besar besar jadi kelihatan bayangannya pada foto pembuluh darah kecil dan bronchus biasanya tidak terlihat, oleh karena itu foto thorax hanya berguna untuk melihat kelainan paru dan organ disekitarnya.

    Bronchitis dan asma pada umumnya tidak terdeteksi dengan foto rontgen. Kemungkinan ibu anda menderita bronchitis atau asma atau radang saluran napas atas atau tenggorok apalagi suaranya serak. Oleh karena sudah beberap bulan artinya kronik sebaiknya diurujuk ke dokter spesialis paru atau THT.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru