Hasil Rontgen

Pak dokter yang terhormat, perkenalkan nama saya Erwan Isnandar, SE. Riwayat kesehatan saya, usia 26 tahun, Perokok, berat badan 58 kg, tinggi 169 cm dan pada tahun 2007 pernah di vonis TBC oleh salah satu rumah sakit paru di bandung. dengan hasil tes berupa darah (-), dahak (-) dan rontgen (+). lalu saya berobat selama 6 bulan di puskesmas terdekat, dengan hasil tes dahak (-) di puskesmas tersebut.

Pada tahun 2010 setalah saya beres menyelesaikan kuliah, saya melamar ke perusahaan bumn. Namun saya mengalami 2 kegagalan dalam mengikuti medical check up. Dan saya selalu disarankan untuk melakukan rontgen ulang oleh pihak lab yang mengetes saya. Berikut hasil rontgen yang saya peroleh dari hasil lab tersebut :
- Cr, Sinuses dan diafragma normal.
- Sketel yang terlihat masih baik.
- Pulmo : Hili kasar dengan corakan paru bertambah. Tampak noda keras kiri atas dan apek kanan. Tidak tampak infiltrate lunak.
- Kesan : curiga ada gambaran bekas KP tidak jelas aktifitas.
- Saran Foto top Lordotik.

Apa sebenarnya yang terjadi pada paru-paru saya pak dokter? Mengapa saya selalu gagal dalam medical check up ini? Apakah saya terserang TBC lagi?

Saya sangat menunggu informasi dari pak dokter. Terima Kasih atas Perhatiannya.

This post was submitted by Erwan Isnandar.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Saya sangat prihatin dengan kejadian yang anda alami dan mungkin masih ratusan atau ribuan teman senasib anda yang menjadi "korban" cek up seperti ini. Intinya kalau seseorang pernah menderita TB dani diobati dengan tepat dan benar sangat jarang yang tidak sembuh. Masalahnya kesembuhannya secara klinis dan bakteriologik sering disertai "cacat" pada foto Ro akibat jaringan parut (scar) seperti uraian Ro anda yang tidak ada kaitannya dengan aktivitas penyakit dalam arti sesungguhnya "bekas"pasien seperti ini tidak ada masalah dengan kesehatan parunya. Untk mengatasi masalah ini saya sarankan anda konsul ke dokter spesialis paru mintakan klarifikasi tentang kesehatan paru anda dengan membawa data/dokumen termmasuk foto Ro lama dan baru. Insya Allah dokter spesialis paru akan memberi keterangan paru anda sehat.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru