Hasil Sputum Negatif

selamat pagi dokter,

saya desy dan ingin bertanya,,,adik saya umur 26 tahun laki-laki,BB 53 kg, merokok tapi sangat jarang pada saat adik saya tes untuk medical check up 2010/2011 ditemukan di paru-parunya ada flek yang samar, dan di diagnosis suspect TB Paru.
Setelah mendapatkan hasil itu adik saya selalu melakukan tes lanjutan dengan tes sputum,,,tetapi hasilnya negatif semua.

Yang saya tanyakan hasil negatif apa artinya (tetap TB paru atau Tidak) atau adakah tes yang lain yang lebih akurat.
dan bagaimana menghilangkan flek pada paru2.

Terima Kasih atas jawabannya.

Regards,

Desy P. Anggarani

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Desy, kemungkinan untuk adikmu masih banyak. kalau anda mengatakan th 2010/2011 artinya ada 2 foto rontgen bukan? Kalau pada kedua foto tersebut ada vlek yang sama tetapi tidak pernah ada keluhan batuk sangat mungkin vlek itu bekas TB yang sudah sembuh dengan syarat foto rotgennya cukup tajam dan jelas sebab kalau tidak tajam masih mungkin sebenarnya parunya bersih dan tidak ada penyakit apapun.

    Tes sputum sangat penting terutama bila hasilnya positif, bila negatif kemungkinan TB aktif tidak menular atau bekas TB. Belum ada tes yang sangat akurat kemampuan dokter untuk membaca data klinik, radiologik dan pemeriksaan penunjang lainnya masih sangat penting, umumnya dokter spesialis paru sudah terdidik untuk menganalisa dan mengambil kesimpulan TB atau bukan.

    Kadang kadang harus dilakukan pengobatan percobaan pada TB suspek dan dipastikan TB setelah menilai hasil pengobatan 2 bulan. Vlek akan hilang atau tidak tergantung lamanya penyakit sebelum terdeteksi makin pendek jarak awal penyakit dengan pengobatan makin besar kemungkinan bersih, oleh karena itu Standar Internasional untuk TB (ISTC) merekomendasikan agar setiap orang yang batuk melampaui 2-3 minggu dan tidak membaik dengan pengobatan umum termasuk antibiotik agar dilakukan pemeriksaan khusus untuk TB (dahak dan foto rontgen) tujuannya agar TB ditemukan sedini mungkin sehingga kesempatan sembuh termasuk rontgen sangat besar.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru