Istilah Kedokteran yang Patut Anda Ketahui !

Berikut adalah daftar istilah kedokteran  yang mungkin sering anda dengar. Saya sertakan definisinya supaya anda paham akan maksud istilah – istilah tersebut.

  1. “Vlek” suatu istilah umum yang berasal dari bahasa Belanda agaknya dimaksud bercak pada foto rontgen hampir selalu dihubungkan dengan TB paru padahal secara radiologik bisa ber macam2 bentuk dan penyakit, bila akut bisa karena penumonia (infeksi paru akut), TB paru baik yang sudah lama (sembuh) atau baru, tumor dan lainnya. Perlu difahami pemeriksaan rontgen berperan sebagai pemeriksaan penunjang yang mebantu dokter klinik menegakkan diagnosis penyakit artinya ada pemeriksaan lain yang juga membantu diagnosis seperti laboratorium dan lainnya. Jadi tidak bisa hanya karena ada vlek saja langsung divonis TB.
  2. Bronchitis atau bronkhitis, masalahnya sering sekali penyakit ini diasosiasikan sebagai TB paru padahal lain sekali. Bronchitis adalah radang yang mengenai saluran napas bawah (Bronchus) bisa disebabkan infeksi virus atau bakteri sangat jarang karena TB, alergi, polusi udara, asap rokok, asap bakaran, obat nyamuk dll pengobatannya tergantung penyebabnya.
  3. Pleuritis, adalah adalah radang diselaput  yang membungkus paru dan selaput yang membungkus dinding dada sebelah dalam, radang dirongga diantara 2 selaput ini sering disebakan infeksi kuman terutama kuman TB pada orang muda dan infeksi bakteri disebut juga empiema.
  4. Paru paru basah, inilah istilah yang paling kacau karena pengertiannya sangat beragam termasuk disini Vlek (TB), bronchitis, pleuritis dll
  • Comments
Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru