KP Duplek

Selamat sore dok, 8 bulan yg lalu saya di diagnosa KP Duplek,,dan sudah menjalani pengobatan selama 6 bln. Setelah 6 bln saya RO ulang dan hasilnya malah tambah efusi pleura, sehingga saya masih melanjutkan therapy sampai bulan ke 8 ini. Saya melakukan RO lg,,ternyata hassilnya KP dextra aktif moderate lesi disertai caverna berisi cairan / abses dingin di apex paru dextra. yang saya tanyakan apakah keadaan ini membaik atau memburuk dok?padahal BB saya sudah naik 10kg sejak saya terdiagnosa itu. ngga pernah batuk dan ngga ada keluhan lagi.saya wanita 20 th,,bukan perokok.selama ini saya dapat obat ryfampicyn450 dan INH dan apakah mungkin obat yang saya dapatkan selama ini kurang tepat apa gimana? dan seberapa bahayakan hasil RO sya yang terakhir terimakasih dok.

This post was submitted by Ara.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Agak aneh ya berobat sudah 6 bulan sebetulnya sudah cukup, kok tidak membaik harusnya perbaikan klinis disertai perbaikan pada rontgen foto, sayang tidak dirinci obat obat apa yang diberikan dosis dan cara pemberiannya. Apakah sudah diperiksa ulang dahaknya masih positip atau sudah negatip, kalau sudah negatip harus dinilai kembali kambuh atau penyakit lain seperti jamur bisa dilihat dari seri fotonya membaik atau perburukan karena kalau benar "KP Duplex" artinya penyakit bukan tergolong ringan apa lagi sudah ada kaverna (rongga).

    Patokannya begini kalau klinis membaik(idak batuk, tidak ada dahak, tidak sesak), BB naik, Rontgen membaik atau tidak memburuk serta tidak ditemukan kuman TB pada pemeriksaan dahak (kalau ada) sudah dapat dinyatakan sembuh bahwa masih ada sisa "vlek" tidak ada masalah. tetapi kalau rontgen memburuk harus dicurigai ada penyakit lain yang menyertai atau timbul belakangan seperti jamur kelihatannya memerlukan konsultasi spesialis paru.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru