Lokasi Untuk Rumah Sakit Khusus Paru-Paru

Selamat siang dok,
Saya rahma (wanita, 22 th) mahasiswi teknik arsitektur, saat ini saya sedang membuat Tugas Akhir dengan judul Rumah Sakit Khusus Paru-paru, menurut dokter, kriteria lokasi seperti apa yang sesuai untuk penempatan Rumah Sakit Khusus Paru?
selama ini saya hanya tahu bahwa rumah sakit paru cocok di daerah pegunungan, sebenarnya adakah persyaratan lain untuk perencanaan lokasi rumah sakit paru dari sudut pandang kesehatan?
terima kasih sebelumnya

This post was submitted by rahma.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Rachma, pada saat ini yang namanya rumah sakit khusus paru didunia tidak ada lagi yang ada sisa sisa2 rumah sakit TB paru yang diperluas menjadi rumah sakit paru.

    Konsep RS khusus paru dikembangkan 1 abad yang lau ketika belum ditemukan obat obat TB yang ampuh sehingga pasien harus diisolasi disanatorium yang berhawa sejuk makanan bergizi sinar matahari agar kondisi tubuh pasien menjadi lebih hingga daya tahan (sistim imun) mampu mengatasi kuman TB.

    Disamping itu agar pasien tidak menularkan kepada orang lain yang sehat. Dengan berkembangnya ilmu kedokteran dan ditemukan obat obat TB yang ampuh praktis semua pasien TB harus dapat disembuhkan akibatnya RS Khusus TB paru tidak terlalu diperlukan tetapi dikembangkan menjadi rumah sakit khusus paru.

    Namun dalam perkembangan berikutnya ternyata banyak masalah lain pada paru yang memerlukan perhatian yang lebih besar seperti Pneumonia, Asma, Kanker paru, COPD dll akibat industrialisasi, kebiasaan merokok yang makin meluas, perubahan gaya hidup dll kelompok penyakit belakangan menjadi penyebab utama kesakitan dan kematian di Indonesia disamping masih TB.

    untuk mengatasi masalah yang timbul akibat penyakit yang menonjol belakangan diperlukan Sarana Kesehatan yang lebih lengkap sebagai sarana rujukan. Tepatnya diperlukan pusat2 rujukan paru di rumah sakit umum yang besar terutama ditingkat provinsi dan rujukan nasional dengan taraf internasional. Saat ini pusat rujukan nasional ada al. di RS Persahabatan Jakarta dan RS Dr Sutomo Surabaya.

    Saran saya untuk mengetahui lebih dalam mengenai apa yang anda butuhkan silahkan menghubungi Direktur RS Persahabatan dan Kepala Dept Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI juga di RS Persahabatan juga Ketur Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI)

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru