Maag atau Sesak nafas?

Kpd Dokter Hadiarto yang terhormat,

Dok beberapa bulan yang lalu saya sering batuk berdahak, tapi lama sembuhnya. Setelah diperiksakan (sudah rontgen dan cek darah) kata dokter yang memeriksa saya terkena bronkitis. Beberapa minggu kemudian saya sering sesak nafas, tidak sampai parah namun nafas saya berat, (tidak keluar darah atau suara), dan ini bisa berlangsung seharian. Saya periksakan lagi dokternya bilang kalau saya asma, dan saya diberi inhaler. Namun ini tidak membantu dan saya tetap sesak nafas.

Kemudian saya berobat ke dokter lain dan dokter yang ini beraggapan sesak nafas saya karena maag saya yang kronis, bukan asma (makanya inhalernya tidak berpengaruh), dan kemudian saya diberi obat penurun asam lambung.
Untuk sebulan pertama sesaknya berkurang, namun untuk bulan kedua dan seterusnya tidak berpengaruh lagi dan nafas saya tetap berat. Menurut dokter, penyakit apa yang sebenarnya saya derita dok? Apa yang harus saya lakukan agar dapat sembuh total dari sesak nafasnya?

Terimakasih bayak atas jawaban dokter.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Bronkitis tidak ditentukan oleh foto Ro tetapi oleh gejala dan riwayat penyakit, foto ro hanya untuk membantu masalahnya bukan dijaringan paru Tb atau pneumonia atau penyakit paru lainnya, untuk menentukan asma sebaiknya diperiksa secara sistimatis sampai terbukti bukan asma, tentu saja kemungkinan yang lain dari asma lambung. Oleh karena masih banyak kemungkinan lain seperti jantung, darah bahkan psikis coba periksa lebih teliti

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru