TB atau Bukan?

Yth prof, saya gadis remaja 17 tahun, berat badan 41 kg, saya pernah batuk darah, darahnya warna merah segar dan agak banyak (bukan muntah darah) disertai mimisan juga, sebelumnya sama sekali tidak batuk, apalagi dalam jangka waktu berbulan2. Saya ragu, apa batuk darah itu menandakan penyakit TB? tapi saya tidak merasakan gejala TB lainnya seperti batuk berminggu2/lebih,turun berat badan, meriang atau berkeringat di malam hari.
Dokter umum kantor memberi obat TB setelah lihat hasil rontgen tanpa diberi rujukan dulu ke dokter spesialis paru, flek paru mungkin saja hanya bronkhitis. Jika ternyata bukan TB tapi diberi obat TB oleh dokter tsb apa tidak akan berakibat apa2?
terimakasih banyak sebelumnya prof, mohon jawabannya.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Salah satu gejala utama TB batuk darah memang kadang kadang tidak disertai gejala sebelumnya walaupun coba saja ingat ingat pernah mengalami gejala flu ga? Dari hasil Ro kelihatannya sangat mendukung adanya TB paru, sebaiknya diperiksa dahak untuk kuman TB (BTA) 2-3x berturut untuk llebih pasti dan menentukan menular atau tidak, untuk kasus seperti ini tidak perlu konsul spesialis paru apalagi kalau dahaknya positip karena obatnya sudah jelas. Tetapi anda tidak usah kuatir kalaupun memang TB dengan pengobatan yang tepat selama 6 bulan Insya Allah akan sembuh. Kalau anda ingin second opinion silahkan konsultasi kedokter paru.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru