Tenggorokan Terasa Banyak Dahak

Malam Dok…Nama Handry, 37 thn, laki2, perokok.. Saya mau tanya, sudah hampir 5 bulan ini. Saya mengalami terasa byk dahak di tenggorokan, batuk terkadang, keringat dingin disertai perut kembung, mual dan biasanya dimulai malam sewaktu saya tidur.. Dan kalau saya keluarkan dahaknya berwarna putih dan bening, terkadang coklat. Saya sudah 6x ke dokter dan sudah coba utk General Check Up tp hasilnya bagus, cuma hanya LDL agak tinggi 120. (Kata dokter hanya pantang aja) sekarang saya mau tanya kira2 penyakit saya apa ya dok? Terima Kasih

This post was submitted by Handry.

  • Comments
140
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Handry, ada 2 hal penyebab keluhan anda: kebiasaan merokok dan kemungkinan besar dari "maag" keduanya saling berkaitan. Asap rokok jelas merangsang batuk dan meningkatkan produksi lendir serta meningkatkan produksi asam lambung disamping memang pada dasarnya anda menderita sakit maag ("Gastroaesophageal reflux disease= GERD).

    Pada malam hari produksi asam meningkat ditambah dengan posisi tidur asam lambungnya naik ketenggorokan dan merangsang batuk serta lendir, tentu saja tidak terdeteksi pada foto rontgen dan laboratorium. Saran saya coba kedokter paru atau THT atau Internist untuk memastikannya karena pengobatannya khusus. Sebagai langkah pertama jangan langsung tidur selesai makan beri waktu 1-2 jam, cobalah tidur dengan bantal agak tinggi agar asam lambung tidak mudah naik ketenggorok jangan makan makanan yang merangsang asam lambung pergi kedokter untuk memastikan apakah anda menderita "maag" (GERD) biasanya nanti diresepkan obat untuk menekan produksi asma lambung, mengatasi kembung dan anti mual dan yang paling penting STOP SMOKING ok?

    • ernawati  Reply

      Selamat mlm dokter..
      Nama saya erna, umur 29 thn. Dok, saya mau tanya, papa saya saat ini berumur 75 thn, beliau merupakan perokok aktif, dan sdh merokok dr beliau umur 5 thn hingga 3 minggu lalu berenti karena sakit yg dialaminya. Papa saya mengalami sesak nafas, awalnya papa blg dahaknya tdk keluar, apa mngkin disbabkan krn dahak tdk kluar makanya sesak..akhirnya kamipun membawa papa ke ugd, dktr umur bilng kalau paru2 papa bolong ( melihat hasil rontgen), krn tdk puas dgn jawbannya maka kami pun memeriksakan ke dktr spesialis paru, melihat hsil rontgen dkter blg kalau paru2 papa melebar dan bhasa kedkternnya diknl dgn nama ppok. Papa sempat dirwat jg krn kndisinya yg lemah. Yang mau saya tanyakan, apakah penyakit papa bnr bernama ppok dan apakah menyakit itu menghawatirkan dok? Apakah msh bs dismbuhkan? Apakah papa saya akan slalu ketergntungan sama obat dok? Apa yg harus kami lakukan agr kndsi papa bs normal lag dok?. Kami sangat berharap pertanyaan kami bs dijwb, karena kami membtuhkan jwban dr dkter. Terima kasih.

      • hadiarto mangunnegoro  Reply

        Erna saya kira diagnosis papamu benar PPOK atau COPD dalam bahasa Inggris sesuai dengan pendapat dokter paru.

      • hadiarto mangunnegoro  Reply

        Betul diagnosis dokter paru yaitu PPOK tentu saja akibat terpapar asap rokok berpuluh tahum

  2. Aulia sransyah  Reply

    Dok..saya ibu rumah tangga 27th.saya sdh 2 minggu ini susah bernafas terasa penuh di tnggorokan saya..dada saya trasa penuh sdh periksa ternyata saya maag,asam lambung saya naik sampai ke tenggorokan akibatnya tenggorokan terasa berlendir tp tdak mau keluar akibatnya sangat mengganggu pernafasan saya...gimana ya dok.solusinya agar dahak segera keluar dan pernafasan saya kembali lega...Terima kasih.

    • hadiarto mangunnegoro  Reply

      Dokter anda tentu lebih tahu dari pada saya karena kan memeriksa langsung. Pertanyaannya apakah gejala anda se mata oleh maag atau ada penyakit penyerta lainnya al bronkitis, alergi sal napas: rhinitis, sinusitis dll. Tentunya dokter sdh memberi obat untk menekan produksi asam lambung (proton pump inhibitor), diit pantang makanan yg dapat merangsang asam lambung dan posisi tidur dengan kepala ditinggikan. Kalau ada alergi ditambah anti alergi, kalau ada infeksi diberi antibiotik dst. Cuman pengobatan ini tdk langsung ngefek sabar saja nanti juga baik. Bisa juga dibantu dengan fisioterapi.

  3. dini ratnasari  Reply

    Pagi , dok nama saya dini ,, saya sangat bingung dengan batuk setiap pagi dan sesek nafas saya ?hampir tiap hari saya minum theosal dan madu pahit ,, dahak selalu kluar tapi dengan. Kluarnya dahak flek di paru paru saya bisa sembuh ,, saya mohon bantuan dokter , bantuan dokter sangat bermanfaat bagi saya

    • hadiarto mangunnegoro  Reply

      Dini apakah sesakmu disertai bunyi mengi (wheeze)? Pilek atau bersin? Dikeluargamu sedarah ada yang sakit seperti kamu? Kalau jawabannya YA terhadap semua pertanyaan tadi hampir dipastikan Dini mengidap Asma alergi tentu saja obat yang diminum tdk memadai. Oleh karena asma Dini menurut hemat saya termasuk yang lumayan memerlukan pemeriksaan dan pengobatan yang lebih serius. Singkatnya periksa ada alergi tidak bisa dari pemeriksaan lab, tes fungsi paru untuk melihat ada penyempitan saluran napas, pemeriksaan Ro toraks untuk menyingkirkan penyakit paru lainnya. Sedangkan pengobatan intinya ada jenis terapi yaitu menggunaksn obat2 PELEGA untuk melebarkan saluran napasmu yang menyempit pada waktu serangan asma dan PENGONTROL untuk menekan peradangan saluran napasmu yang dalam jangka panjang membuat asmamu tidak menjadi masalah lagi. Umumnya obat2 baik pelega maupun pengontrol dalam bentuk inhaler karena jauh lebih manjur dan lebih aman dari obat yang diminum untuk pemakaian jangka panjang. Coba saja pergi kedokter anda.

    • hadiarto mangunnegoro  Reply

      Saya tidak faham kenapa anda mendapat pengobatan seperti itu. Mungkin data anda tidak lengkap termasuk hasil labnya. Anda tidak menjelaskan apa sakitnya/gejalanya6 kalau tidak ada keluhan tidak usah minum obat karena gambaran Ro seperti itu biasa biasa saja pada orang normal. Coba minta second opinion kepada dokter lain kan hak anda untuk meminta pendapat kedua. Saya cukup kuatir dengan pengobatan yang anda dapatkan.

  4. mareta  Reply

    Malam Dok, saya mareta perempuam brusia 22thn,,,
    saya mau tanya kenapa saya sering mengalani sakit kepla, rambut rontok berlebihan, dan tiap hari bersin2 gk ernah absen 1 hri pon.. trus saya juga merasa bayak dahak berwarna bening,, peyakit serti apa yg saya alami saat ini ya Dok, apa membahayakan?????

    • hadiarto mangunnegoro  Reply

      Kelihatannya lebih cenderung kearah alergi untuk konfirmasinya coba kedokter minta periksa darah khususnya untuk deteksi alergj yaitu eosinofil persentage, eosinofil total dan IgE total. Bila nilainya tinggi mele bihi angka normal artinya memang alergi, makin tinggi nilainya makin berat alerginya artinya makin sensitf. Coba lanjutkan pemeriksaannya dengan tes alergi spesifik bisa dari darah IgE Rast bisa pake suntikan dibawah kulit dan dilihat reaksi terhadap alergen tertentu.
      Pada dasarnya pengobatan cuma 2 yaitu hindari faktor pencetus dan obat anti alergi.

    • hadiarto mangunnegoro  Reply

      Kelihatannya alergi berat coba diperiksa darahnya ke dokter.

  5. Yeni  Reply

    Salam dokter,
    Anak saya berumur 10 tahun didiagnosa tb kelenjar berdasar hasil rontgen yg menyatakan suspek limfadenopati hilarius sinistra. Ada benjolan di ketiak, leher dan lipat paha. Hasil led 31 dan 52. Apakah rontgen saja cukup untuk mendiagnosa penyakit anak saya? Mengapa dokter tidak menyarankan tes mantouk? Tadi sore anak saya mulai minum obat tb dan air seninya menjadi keruh. Apakah hal ini karena pengaruh dari obat tsb? Terima kasih banyak

    • hadiarto mangunnegoro  Reply

      Walaupun terkesan kuno tes Mantoux masih cukup relevant untuk penunjang diagnostik TB terutama pada anak. Tentu saja kalau mau lebih pasti benjolan yang kelihatan dileher atau ketiak disedot pake jarum kecil dan dibawa ke lab patologi. Pengobatan TB kelenjar bisanya lebih lama dari TB paru apalagi dibanyak tempat minimal 9 bulan bisa 1tahun. Ada obat TB yaitu Rifampicin yang kencingnya jadi orange atau merah normal saja.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru