Terdapat Cairan di Paru-Paru Sebelah Kanan

Dok saya seorang laki-laki umur 26 tahun berat badan 60 Kg dulu merokok tapi sekarang sudah berhenti. Dok saya ingin bertanya saya punya keluhan antara lain : batuk kering, sakit dada sebelah kanan apabila ditekan/direnggangkan, tulang rusuk sebelah kanan terasa sakit apabila ditekan, ulu hati terasa sakit, apabila tidur miring kekanan dada dan tulang rusuk kanan terasa sakit, apabila beraktivitas sperti jalan-jalan seluruh badan terasa lemas/capek, kepala sakit/pusing dan nafas ngos-ngosan. saya sudah periksa lab tes darah lengkap dan EKG (Rekam nadi jantung) dan hasilnya menurut dokter baik. dan akhirnya saya photo rontgen dan hasilnya terdapat cairan diparu-paru sebelah kanan, dan dokter spesialis paru tempat saya konsultasi mendiagnosa saya terkena paru-paru basah. akhirnya dokter saya menyarankan saya untuk opname dan USG untuk dilakukan tindakan penyedotan pada paru-paru saya. setelah tindakan penyedotan selesai dilakukan dokter menyarankan saya berobat rawat jalan dan diberikan resep berupa Prednison diminum pagi 3 tab siang 2 tab dan malam 2 tab, Rimstar diminum pagi 3 tab, Mucosta 3×1, dan Compraz 1×1.
Pertanyaan saya namun sampai sekarang keluhan yg sudah saya sebutkan diatas masih terasa sakit hanya batuk saya saja yang sudah mulai mereda.
Mohon jawaban Dokter dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

This post was submitted by lalu fauzan.

  • Comments
10
  1. Hadiarto Mangunnegoro  Reply

    Sayang anda tidak menyebutkan berapa banyak cairan yang dikeluarkan berapa banyak sisanya yang masih ada pada foto Ro kontrol dan berapa lama pengobatan sudah berjalan. Kalau masih banyak cairan dan berobat belum lama 1 atau 2 minggu masih mungkin keluhannya belum hilang benar tunggu saja. Mengenai obat tidak salah sejauh diagnosanya Pleuritis TB hanya Rimstar untuk berat 60kg biasanya 4 tab obat. Prednison untuk mempercepat pngeringan cairan, obat lain untuk mencegah gangguan lambung akibat Prednison.

Leave a Reply

Logged in as - Log out

Reply to:

2014 © Dokter Spesialis Paru